Glide with Heart, Paint the Stars

  1. Home
  2. Inspiring Story
  3. Article detail
Glide with Heart, Paint the Stars

Menjadi jiwa yang memiliki sifat empati, mampu beradaptasi, dan mengedepankan nilai-nilai konservasi adalah tiga nilai yang dibawakan oleh Pengenalan Departemen Biologi (PDB) 2023. Saya, selaku salah satu Pengurus Inti menjadi saksi proses implementasi nilai-nilai tersebut kepada lebih dari 110 mahasiswa baru. Pengalaman selama sembilan bulan inilah yang mengajarkan saya untuk tetap rendah hati dalam menggapai mimpi.

Dimulai dari pembentukan konsep pada awal Januari 2023, saya dan enam orang lainnya berusaha memberikan program terbaik untuk mentransfer ilmu kepada mahasiswa baru. Kami menerima masukan dari puluhan orang dan mengolahnya sebaik mungkin menjadi konsep yang matang. Konsep-konsep itulah yang menjadi cikal bakal rangkaian acara dari PDB 2023.

Akhir Agustus 2023, rangkaian acara dimulai dengan Opening Ceremony untuk memperkenalkan apa yang akan mahasiswa baru hadapi selama satu bulan ke depan. Seminggu kemudian, acara dilanjutkan dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa Departemen dan Pengamatan Lapangan untuk memperkenalkan lingkungan Biologi. Debat Konservasi dan Seminar Bioprospeksi untuk memberikan rasa bangga terhadap biodiversitas pada dua pekan setelahnya. Kemudian mentoring untuk menumbuhkan rasa empati dan adaptif kepada mahasiswa baru. Sebagai penutup, Grand Closing diselenggarakan pada akhir September 2023.

Seluruh rangkaian acara memiliki kesan tersendiri bagi saya. Saya belajar bagaimana kolaborasi menciptakan ruang akselerasi. Proses penyelesaian masalah secara progresif memberikan ruang bagi saya untuk berpikir panjang sebelum mengambil keputusan. Saya juga belajar bagaimana menyikapi tim yang tidak sejalan dengan pemikiran saya. Terakhir, yang tak kalah penting, saya belajar untuk tetap rendah hati dalam mencapai tujuan.

Pada dasarnya, semua manusia membutuhkan mimpi sebagai “bintang” untuk diraih. Penting untuk selalu rendah hati, memiliki keinginan kuat untuk belajar, serta selalu berdampak bagi sekitar.

Leave Your Comment